Jumat, 30 April 2010

Apa yang diharapkan ?



Apabila berbicara tentang Gerakan Pramuka, maka tidak mungkin terlepas dari fokus penyiapan generasi muda untuk masa depan dan peranan Gerakan Pramuka dalam menyiapkan generasi muda masa depan.

Dengan obyek peserta didik itu, perlu kita kaji mengenai "apa yang dicari generasi muda", yaitu :
- kesenangan
- petualangan
- tantangan
- keterampilan baru
- kemahiran baru
- persahabatan
- kesempatan kepemimpinan

Mereka akan meninggalkan Gerakan Pramuka apabila Gerakan Pramuka hanya memberikan program kegiatan yang :
- tidak memberikan inspirasi
- tanpa tujuan atau makna
- dengan kepemimpinan yang jelek

Pada hakekatnya pendidikan kepramukaan menitikberatkan pada pembentukan watak, yang ditujukan pada pembentukan watak, yang ditujukan pada pembentukan jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi serta kebanggaan pada bangsanya sendiri.
Untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta didik, baik untuk Pramuka golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan pandega, perlu diupayakan penyajian kegiatan yang senantiasa menarik, yang memenuhi apirasi anak atau remaja dan pemuda, yang sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman tanpa meninggalkan norma-norma kepribadian dan budaya bangsa. Di samping yang menantang, juga yang memenuhi harapan masyarakat, dengan berpegang pada Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan.

Dalam proses pendidikan kepramukaan yang pada hakekatnya dititikberatkan pada pembentukan watak, peserta didik dibina dan dikembangkan dengan bantuan orang dewasa, dalam hal ini Pembina Pramuka. Dapat dipahami bahwa kualitas peserta didik ini bergantung pada kualitas Pembina Pramukanya. Meningkatkan kualitas Pembina Pramuka itu juga bergantung dari kualitas para Pelatih Pembina Pramuka dan sistem serta metode-metode pendidikannya.

Jadi peningkatan kualitas peserta didik itu akan berkaitan dengan peningkatan kualitas Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka,di samping sistem dan metode-metode yang digunakan dalam proses pendidikan.

Yang perlu mendapat perhatian dalam pelatihan Pembina atau Pelatih Pembina, yaitu mengenai harapan para Pembina dan Pelatih Pembina.
Mereka akan meninggalkan Gerakan Pramuka apabila :
- mereka tidak menemukan kepuasaan kerja
- organisasi kurang mendorong
- dukungan masyarakat kurang

Agar jumlah Pembina dan Pelatih Pembina yang berkualitas itu dapat berkembang maka diusahakan dengan peningkatan kaderisasi Pembina dari kalangan muda.

=====
Diolah dari pengarahan Sekjen Kwarnas, alm Kak Sudjono Suryo, saat menerima kunjungan peserta KPD Jawa Barat ( Kota Bandung)pada 4 Maret 1996.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar