Jumat, 23 April 2010

Kepemimpinan

Baden Powell :

Kepemimpinan adalah kunci dari sukses, tetapi sukar untuk mendefinisikan Kepemimpinan itu dan sangatlah sukar untuk mendapatkan Pemimpin itu.

Saya sering menyatakan bahwa seekor keledai dapat menjadi komandan dan seseorang yang terlatih sering dapat menjadi instruktur, tetapi seorang Pemimpin lebih menyerupai seorang yang lahir sebagai penyair, tidak dibuat.

Saya dapat menyatakan padamu tentang pemimpin yang kujumpai dan bagaimana saya menemukan mereka - tetapi ini adalah - cerita lain.

Dapat dikatakan ada empat hal utama yang terdapat dalam seorang Pemimpin :
1. Dia harus mempunyai kepercayaan dan keyakinan penuh tentang kebenaran apa yang dipilihnya sehingga pengikut-pengikutnya dapat ditulari dan ikut dalam fanatismenya.
2. Dia harus mempunyai kepribadian yang se:lalu gembira, kuat, dengan pengertian yang simpatik serta bersahabat terhadap pengikutnya dan dengan demikian mengukuhkan/menguatkan kerjasama yang menyenangkan dengan mereka.
3. Dia harus mempunyai kepercayaan pada diri sendiri, dengan jalan mengetahui tugasnya/pekerjaannya sehingga meningkatkan rasa percaya dari orang-orangnya.
4. Apa yang dikotbahkannya harus dipraktekkannya sendiri sehingga dapat memberikan contoh pribadi kepada temannya.

Jadi esensi daripada KEPEMIMPINAN bila diringkas dapat disimpulkan sebagai PERSAUDARAAN dan KEMAHIRAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar